Hakikat Bisnis

07:27 0 Comments

Hakikat Bisnis


Kerena pada hakikatnya bisnis adalah usaha untuk memenuhi kabutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas maka dalam kehidupan sehari-hari kita akan terlibat bisnis.
      Baik bisnis yang mencari keuntungan (profit motive) maupun bisnis yang tidak mencari keuntungan atau nirlaba (non profit motive), seperti rumah sakit, sekolah, PLN, PDAM, perumtel, dsb.
         Seorang pengusaha (bussinessman) akan melihat kebutuhan lingkungannya yang merupakan proses identifikasi potensi bisnis (potensi pasar) yang biasanya disertai dengan perkiraan (forcesting) maupun atas pertumbuhan potensi bisnis tersebut dimasa yang akan datang serta kondisi persaingan yang terjadi.
        Disisi lain seorang pengusaha harus memikirkan sumber daya yang tersedia berupa (man, money, material, machienary, management) serta cara yang sebaik-baiknya guna malayani kebutuhan pasar dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa tersebut kepada masyarakat.
            Hasil yang diperoleh dari penjualan barang atau jasa setelah dikurangi dengan biaya produksi maupun biaya lainnya yang dikorbankan dalam kegiatan bisnis dinamakan laba atau keuntungan.


Gambar : Hakikat Bisnis
           
         Perusahaan merupakan suatu organisasi yang melakukan kegiatan produksi dengan mengolah sumber ekonomi yang ada agar dapat menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan dan menciptakan kepuasan bagi masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan dan kepuasan bagi masyarakat.

      Untuk menciptakan barang dan jasa, perusahaan harus mengolah sumber-sumber ekonomi (faktor-faktor produksi) secara efisien agar dalam opersinya mendapatkan keuntungan.

1. Uang (money)
    Uang adalah persyaratan yang utama untuk mamulai operasi perusahaan (manufaktur). Uang diperlukan untuk menyediakan pabrik dan peralatannya, untuk membeli bahan baku dan membayar upah karyawan sampai diperoleh pendapatan dari hasil penjualan barang dan jasa.

2. Mesin (machines)
    Merupakan perangkat proses produksi dari yang sederhana sampai yang memakai teknologi tinggi, memulai perangkat produksi ini perusahaan melakukan produksi barang dan jasa yang akan dijual ke pasar (konsumen)

3. Material (materials)
    Merupakan barang-barang yang menjadi bagian dari barang-barang dan jasa yang diproduksi dan ditawarkan ke konsumen, atau dipergunakan untuk memproduksi barang jadi yang akan ditawarkan ke pasar.

4. Manusia (man)
    Manusia adalah mereka yang terlibat langsung dalam proses produksi yang mempergunakan mesin-mesin dan bahan baku yang disediakan untuk proses menjadi barang. Perusahaan yang mempergunakan teknologi sederhana maupun teknologi tinggi tetap membutuhkan tenaga kerja dalam operasionalnya.

5. Metode (methods)
    Adalah suatu cara kerja yang memasukkan mesin-mesin, material dan manusia. Cara kerja atau metode yang dipergunakan untuk mengoperasikan perusahaan dengan cara yang menguntungkan (mendatangkan laba), jadi metode ini akan mencari suatu tata cara kerja yang bisa menciptakan efisiensi dalam operasional perusahaan.

6. Pasar (market)
    Merupakan suatu saran bagi perusahaan untung mendatangkan penghasilan, penghasilan ini akan dipergunakan untuk membiayai operasional selanjutnya. Tanpa suatu pasar sebagai tempat melempar barang dan jasa perusahaan tidak akan dapat beroperasi, karena produksi barang menumpuk digudang akan mendatangkan masalah bagi perusahaan (kerugian) sehingga operasi selanjutnya akan terganggu.

7. Manajemen (management)
     Manajemen dalam operasional perusahaan berfungsi sebagai koordinasi berbagai kegiatan yang ada dalam proses produksi. Sehingga bagian yang ada dpat memainkan peranan sesuai tugas yang diembannya. Sehingga akan dapat dicapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.
   Dari model diatas dapat dikatakan bahwa seorang pengusaha mempunyai tugas ganda di bertugas kedalam dan keluar. Tugas keluar dengan cara memonitor, mengidentifikasi serta mengantisipasi kebutuhan masyarakat beserta perkembangannya yang akan menimbulkan potensi bisnis.
    Sedangkan tugas kedalam harus memikirkan faktor-faktor produksi atau sumber daya dan dana yang tersedia serta bagaimana mengalokasikan faktor-fsktor produksi tersebut seefisien dan seefektif mungkin  agar dapat bersaing dalam pasar sehingga konsumen atau masyarakat merasa puas yang akhirnya akan diperoleh hasil berupa laba atau keuntungan.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: