Pendekatan Dalam Melihat Perusahaan dan Pasar

07:27 0 Comments

Pendekatan Dalam Melihat Perusahaan dan Pasar


     Hubungan antara pengusaha dan pasar sangat erat, oleh sebab itu perusahaan harus selalu memonitor lingkungan pasar yang berubah-ubah dan secara terus menerus menyesuaikan bisnis mereka dengan peluang terbaik yang ada.

Ada 2 pendekatan dalam melihat keterkaitan perusahaan dan pasar :

1. Pendekatan Yang Berorientasi Produsen (Producer Oriented Aproach) 
Pendekatan ini beranggapan bahwa perusahaan (produsen) merupakan hal terpenting atau perusahaan sebagai titik sentral sedangkan masyarakat (konsumen) sebagai faktor sekunder yang mengelilingi produsen, sehingga konsumen (masyarakat) yang memerlukan bisnisnya, maka mereka akan mencari produk yang ditawarkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan cara membeli apa yang ditawarkan perusahaan.

Pandangan ini sesuai dengan kondisi masa lalu dimana produsen masih langka sehingga apa saja yang ditawarkan akan laku terjual. Kondisi pasar yang demikian dinamakan pasar penjual (sellers market)

2. Pendekatan Yang Berorientasi Pada Konsumen (Costomer Oriented Aproach)

Pendekatan ini beranggapan bahwa konsumen sebagai titik sentral sedangkan produsen sebagai faktor sekunder yang harus melayani kebutuhan masyarakat.

Perusahaan harus selalu memonitor perubahan lingkungan pasar dan menyesuaikan bisnis mereka dengan perubahan yang terjadi, sehingga mampu melayani konsumen secara lebih baik dibanding pesaing agar mampu bertahan hidup dalam kancah persaingan. Penentu dalam bisnis adalah pembeli bukan penjual atau biasa dinamakan pasar pembeli (buyers market)

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: