Lingkungan Makro

06:11 0 Comments

Lingkungan Makro

1. Lingkungan Ekonomi
       Lingkungan ekonomi terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pembelian konsumen.
Beberapa faktor ekonomi yang perlu diperhatikan dalambisnisadalah:

a. Distribusi Pendapatan
Rendahnya pendapatan memiliki implikasi rendahnya daya beli efektif. Rendahnya pendapatan dan tabungan masyarakat juga menjadi sebab rendahnya dana publik yang dapat dipergunakan untuk ekspansi usaha.

b. Tingkat Inflasi
Jika inflasi sangat tinggi maka pengendalian gaji dan harga dapat menjadi beban yang berat bagi perusahaan.

c. Kebijakan Moneter
Kebijakan moneter yang diambil oleh pemerintah baik mengenai tingkat bunga, devaluasi,yang berhubungan dengan nilai uang dan daya beli masyarakat.
Misalnya devaluasi rupiah terhadap dollar Amerika.

d. Kebijakan Fiskal
Kebijakan fiskal seperti tarif pajak baik bagi perusahaan maupun individu, pajak penghasilan, pertambahan nilai, kekayaan dan sebagainya.

2. Lingkungan Demografi
       Kondisi lingkungan demografi berpengaruh terhadap kegiatan bisnis karena manusia merupakan pasar barang dan jasa.
Perusahaan sangat berkepentingan terhadap:
a. Jumlah penduduk,
b. Distribusi geografis dan kepadatannya,
c. Kecenderungan pergerakannya,
d. Distribusi umur,
e. Tingkat kelahiran, perkawinan, dan kematian,
f. Rasial,kesukuan, dan struktur keagamaan.

3. Lingkungan Politik
      Lingkungan politik ini menyangkut masalah kebijaksanaan pemerintah dibidang politik. Bagi para pengusaha arah kebijakan dan stabilitas politik menjadi faktor penting dalam perusahaan. Perusahaan perlu memperhatikan lingkungan ini terutama bila ingin mendapatkan dukungan terutama dari pihak pemerintah berupa pemberian subsidi, peraturan perundangan dan lain sebagainya.
    Beberapa isu politik yang hangat pada masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian dari perusahaan antara lain :
a. Pelindungan konsumen atas harga, kualitas, kuantitas,dan keamanan.
b. Isu ketenagakerjaan
c. Perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup
d. Peraturan pemerintah pusat dan pemarintah daerah

4. Sosial dan Budaya
     Lingkungan sosial terdiri atas hubungan manusia dalamo rganisasi serta hubungan antara pimpinan perusahaan dengan para individu,kelompok, dan masyarakat pada umumnya. Yang perlu diperhatikan dalam lingkungan social misalnya nilai-nilai sikap, keyakinan, pandangan hidup, etika, pola hubungan antar individu, kesenian, dan sebagainya.

5. Hukum
         Lingkungan hukum meliputi peraturan dan perundangan yang berlaku, jadi yang perlu diperhatikan oleh perusahaan adalah aspek-aspek hukum dalam bisnis baik masa lalu, sekarang maupun yang akan dating.

6. Teknologi
     Kekuatan paling dramatis yang membentuk kehidupan manusia adalah teknologi. Lingkungan teknologi sangat berpengaruh terhadap kehidupan perusahaan karena teknologi sebagai salah satu sumber utama perubahan dunia, dengan teknologi banyak menemukan dan memperkenalkan produk baru dipasar, sekaligus disaat yang sama teknologi juga menjadi sebab keluarnya barang dari pasar karena telah kadaluarsa.
     Alvin Toffler dalam bukunya Future Shock melihat adanya ancaman yang bersifat aseleratif dalam penemuan, pemanfaatan dan penyerapan teknologi baru.
     Apabila jarak antara masa inkubasi teknologi dan komersialisasi semakin pendek, maka teknologi dengan mudah akan mempengaruhi struktur pasar dan kinerja perusahaan Tidak dapat disangkal lagi bahwa perkembangan teknologi dapat mengubah posisi relative biaya persaingan bisnis, menciptakan pasar, serta pangsa pasar bisnis baru dan sebagainya.
     Bisnis baru terus menjalankan inovasinya agar dapat menghasilkan barang dan jasa yang lebih baik sehingga perusahaan dapat lebih unggul dibanding pesaing atau paling tidak perusahaan dapat tetap hidup (survive)

7. LingkunganAlam
    Lingkungan alam merupakan sumber daya alamiah yang dibutuhkan sebagai masukan oleh perusahaan, tetapi kondisi lingkungan alam yang semakin memburuk merupakan salah satu dari masalah utama yang dihadapi bisnis pada masa sekarang ini.
      Perusahaan harus menganalisa akan ancaman dan peluang bisnis yang timbul akibat perubahan lingkungan alam.
a. Kekurangan bahan baku
b. Biaya energi yang mengikat
c.  Tingkat polusi yang meningkat

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: