Lingkungan Mikro

08:57 0 Comments

Lingkungan Mikro
 
1. Pemasok (suplier)
      Pemasok adalah perusahaan bisnis dan individu-individu yang menyediakan sumber daya (faktor produksi) yang diperlukan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa.
      Perkembangan dalam lngkungan pemasok akan mempunyai dampak yang besar terhadap operasi perusahaan terutama daam biaya dan tersedianya semua faktor produksi yang dipergunakan dalam bisnis perusahaan.
      Biaya produksi dan tersedianya faktor produksi seperti bahan mentah, sub perakitan, uang, tenaga kerja, dan faktor produkai lainnya dipengaruhi oleh hubungan erat antara perusahaan dengan pemasoknya, oleh sebab itu banyak perusahaan lebih suka membeli dari berbagai sumber untuk menghindari ketergantungan terhadap satu pemasok yang mungkin akan menaikkan harga atau membatasi suplai.

2. Perantara
   Perantara adalah perusahaan bisnis yang membantu perusahaan menemukan pelanggan atau mendekatkan penjualan kapada perusahaan.
Macam perantara ada 2 macam, yaitu perantara agen dan perantara pedagang.
    Perantara agen seperti agen-agen, pedagang perantara (broker) dan wakil-wakil produsen bertugas mencari pelanggan atau melakukan negosiasi kontrak tetapi tidak melakukan pemindahan hal milik dari barang.
       Perantara pedagang seperti grosir, pengecer, dan perusahaan penjual kembali. Mereka membeli melakukan pemindahan hak milik, dan menjual kembali barang-barang tersebut.
    Secara khusus perantara menciptakan kemudahan tempat (place utility) dengan menempatkan produk perusahaan ditempat pelanggan berada.
    Menciptakan kemudahan waktu (time utility) dengan tetap buka dalam jangka waktu lama sehingga konsumen dapat berbelanja kapanpun mereka mau.
      Menciptakan kemudahan jumlah (quantity utility) dengan memecah produk perusahaan agar dapat dibeli perpotong.
     Menciptakan kemudahan pemilikan (posession utility) dengan menstransfer bagian produk ke konsumen dengan bentuk transaksi yang mudah dengan pembayaran tunai yang sederhana tanpa perlu tanda pembayaran.

3. Pelanggan
       Tujuan perusahaan adalah melayani dan memuaskan kebutuhan tertentu dari pasar sasaran yang dipilih perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Pasar sasaran perusahaan dapat berupa satu atau lebih dari kelima jenis pasar pelanggan dibawah ini.

a. Pasar Konsumen
Individu dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi.

b. Pasar Produsen
Organisasi yang membeli barang dan jasa yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa lain dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau mencapai tujuan lain.

c. Pasar Penjual
Organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dijual kembali dengan mendapatkan laba.

d. Pasar Pemerintah dan Pasar Non-Laba
Pemerintah dan lembaga-lembaga non-laba yang membeli barang dan jasa untuk memproduksi jasa publik atau mentransfer barang dan jasa ini kepada pihak yang memerlukan.

e. Pasar Internasional
Pembeli yang ada diluar negeri termasuk konsumen,produsen, penjual dan pemerintah asing. 

4. Pesaing
       Setiap perusahaan akan mendapatkan sejumlah besar pesaing, termasuk disini adalah perusahaan sejenis, perusahaan barang pengganti dan perusahaan lain yang sama-sama menghendaki uang pembeli. Agar dapat berhasil perusahaan harus dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan jalan mengidentifikasi, memonitor mengatur strategi untuk memperoleh dan mempertahankan loyalitas pelanggan.
      Perusahaan harus memperoleh keunggulan strategi dengan mendapatkan posisi yang kuat dibenak konsumen dibandingkan dengan tawaran pesaing dalam ingatan konsumen.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: